Kustomisasi

Bangunan Dingin Natural

Berikut cara mendinginkan bangunan secara natural

1)
Dengan cara menanam pepohonan di sekitar bangunan. Berdasarkan hasil riset di iklim tropis, dengan temperatur udara di atmosphere sekitar 35 Celcius dan kelembaban sekitar 60%, akan dapat direduksi oleh pohon-pohon besar yang melingkupi bangunan kita menjadi sekitar 34 Celcius dan kelembaban 70%. Sedangkan bila kita menanam pohon-pohon kecil di sekitar pohon-pohon besar tersebut, akan turut mengurangi suhu udara menjadi 32 Celcius dan meningkatkan kelembaban udara menjadi 80%.



2)
Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah halaman rumah kita, akan lebih baik jika kita menanam rumput sebagai halaman dari pada melakukan pavingisasi. Rumput yang ada di halaman rumah juga berfungsi untuk mereduksi suhu udara, sedangkan paving/beton justru akan meningkatkan suhu udara. Sebagai gambaran, dari hasil pereduksian yang dilakukan oleh pohon besar, pohon kecil, dan juga rumput, akan mengurangi suhu udara dari 35 Celcius menjadi 29 Celcius.

Nah, jika kita menanam pohon besar dan kecil, namun menggunakan lantai halaman dengan paving, suhu udara hanya akan menjadi sekitar 30 Celcius. Lain halnya jika kita tidak menanam apapun, namun menggunakan paving pada halaman rumah, maka suhu udara akan naik menjadi 40 Celcius, fenomena ini secara ilmiah disebut Albedo.


 3)
Pondasi rumah juga dapat membantu mendinginkan suhu udara, bentuk yang ideal adalah dengan cara membuat lantai rumah kita lebih rendah dari pada tinggi tanah disekitarnya. Hal ini akan membantu terjadinya transfer suhu dingin dari tanah ke dalam bangunan.



4)
Yang terakhir, dan agak sulit di terapkan dalam rumah di Indonesia, adalah menggunakan sarana kolam air sebagai sarana untuk mendinginkan aliran udara di sekitar. Air yang ada di kolam akan menyerap panas dari udara yang mengalir dan secara otomatis udara yang mengalir di dalam rumah akan menjadi lebih dingin.
Apabila semua teknik tersebut dipadukan secara bersama, maka udara yang akan mengalir ke dalam ruangan berkisar 25-27 Celcius. Cukup lumayan untuk membuat udara di dalam rumah anda menjadi sejuk tanpa perlu menyalakan AC.


M. Ery Wijaya, Phd

>
Categories:
Comments
1 Comments

1 komentar:

Terimakasih informasinya.. sangat bermanafaat

Post a Comment