Kustomisasi

Cara Sukses Menjual 3D Model Anda

image : internet

Salah satu cara termudah untuk mulai mendapatkan uang sebagai pembuat model 3D adalah dengan segera menjualnya di pasar online.

Jika Anda saat ini sedang melakukan transisi menjadi seorang freelancer, ini bisa menjadi langkah bagus dalam memulai membangun basis klien dimana secara natural Anda akan banyak belajar tentang bagaimana membangun sebuah kehadiran secara online dengan cara memasarkan diri.

Bahkan jika Anda hanya tertarik untuk memperbanyak portofolio yang nantinya akan digunakan saat melamar pekerjaan, stok 3D yang berhasil anda jual akan menunjukkan pada calon bos Anda betapa potensial nya kemampuan 3D yang Anda miliki untuk menciptakan pekerjaan berkualitas.

Apa pun layak dilakukan, dibutuhkan banyak waktu dan usaha agar memiliki pendapatan yang mengalir secara tetap dari penjualan model 3D. Anda seperti sedang membangun jaringan untuk punya pasif income.

Ada banyak hal yang dapat membantu Anda sukses sebagai penjual model 3D, tapi sebelum kita menggalinya lebih dalam, ada baiknya kita lihat terlebih dahulu sepuluh tempat terbaik untuk menjual model 3D secara online.

1. Turbosquid

Mari kita ulas gajah di industri ini. Yup, turbosquid memang sangat besar. Mereka memiliki daftar profil klien papan atas yang potensial. Tapi, apakah tempat ini adalah tempat terbaik untuk menjual model Anda? .

Jika Anda berminat menjadi bagian dari mereka, maka basis jumlah pengguna turbosquid yang banyak menjadi peluang besar, tapi jangan berharap sekedar meng-upload model 3D maka Anda segera menonton dolar langsung mengalir ke kocek Anda. Sukses di sini membutuhkan pemasaran aktif , dan sejujurnya-jika Anda cukup baik berada di turbosquid maka kemungkinan besar Anda juga cukup baik untuk mulai mencari kontrak freelance diluar sana dengan bayaran yang jauh lebih baik.

Situs ; www.turbosquid.com/

Tarif royalti: Artis menerima sedikitnya 40%, meskipun guild program mereka menawarkan tarif hingga 80% jika anggota beralih ke anggota lisensi eksklusif.
Perizinan FAQ: Jual di turbosquid

2. The 3D Studio

Meskipun interface desain situs ini agak kuno, 3D Studio adalah marketplace bagi banyak penjual yang serius.

Mereka pasar 3D tertua di web. Pemilik web ini bahkan berkomitmen dalam hal layanan pelanggan dan hak artis. Mereka menjamin tarif royalti yang mereka berikan lebih baik dan juga tak meminta hak eksklusif dari artis 3D. Mereka secara aktif memposisikan diri sebagai web milik bersama yang menjadi antithesis dari monolit nya turbosquid.

Situs ; the3dstudio.com/

Tarif royalti: Artis menerima 60% dari seluruh penjualan.
Perizinan FAQ: Jual di The 3D Studio

3. Shapeways

Jika bukan karena munculnya on-demand jasa percetakan 3D seperti yang dilakukan di Shapeways, mungkin penjelasan ini akan singkat saja.

Shapeways (dan situs serupa) telah membuka segmen pasar yang sama sekali baru. Mereka menawarkan kemampuan bagi artis 3D meng-upload karya mereka dan menjual salinan fisik model 3D melalui proses yang dikenal sebagai percetakan 3D (3D printing). Percetakan 3D mampu mencetak pada jenis bahan yang berbeda dengan pilihan menarik dan serbaguna untuk perhiasan, barang-barang dekoratif, dan karakter patung kecil.

Ide mencetak model digital kedalam bentuk fisik mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah jika Anda mendengarnya untuk pertama kalinya, namun teknologinya telah ada dan berpotensi merevolusi cara berpikir kita tentang manufaktur sebagaimana perkembangan teknologi printer yang terus maju.

Jika Anda ingin menjual model Anda dalam bentuk 3D print, perlu diingat bahwa ada tambahan langkah / konversi yang harus diselesaikan agar model 3D tersebut "siap cetak."

Situs ; shapeways.com/

Tarif royalti: Fleksibel. Shapeways menetapkan harga berdasarkan volume dan bahan cetak, dan Anda yang menentukan sendiri berapa banyak markup Anda yang diinginkan.
Perizinan FAQ: Jual di Shapeways

4. Daz 3D

Daz 3D adalah pasar besar, tetapi juga sangat mandiri.

Ada cukup banyak potensi di sini, tapi saya tidak bisa melihatnya sebagai pilihan tepat bagi Anda, kecuali Anda terbiasa dengan software Daz Studio dan Poser. Mereka juga punya daftar persyaratan yang cukup spesifik dan melakukan proses pemeriksaan manual. Jadi jika Anda butuh upload secara cepat dan mudah sebaiknya cari tempat lain. Namun keuntungannya disini, DAZ adalah pasar yang ditujukan bagi orang-orang yang ingin membuat CG tapi tidak tahu bagaimana membuat model.

Situs ; www.daz3d.com/

Tarif royalti: Artis menerima 50% penjualan non-eksklusif, hingga 65% dengan eksklusivitas.
Perizinan FAQ: Jual di Daz 3D

5. Renderosity

Renderosity seperti telah ada dalam kurun waktu cukup lama, tercermin dalam penuaan desain situs mereka. Mereka punya standar kualitas yang tinggi dan basis pengguna raksasa, namun royalti yang ditawarkan relatif jauh lebih rendah. Meskipun begitu, situs ini bisa menjadi opsi bagi artis 3D pengguna pemodelan tradisional seperti Maya, Max, dan Lightwave.

Renderosity juga memposisikan diri sebagai pasar terkemuka untuk pengguna Daz Studio dan Poser model jika Anda ingin mendirikan toko di sini (selain Daz 3D). Trafik keduanya cukup setara, jadi pastikan bahwa Anda memberikan perhatian yang sama pada kedua situs ini.

Situs ; www.renderosity.com/index.php

Tarif royalti: Artist menerima 50% penjualan non-eksklusif, hingga 70% dengan eksklusivitas.
Perizinan FAQ: Jual di Renderosity

6. 3Docean

3Docean merupakan bagian dari Envato network, pemilik seluruh kerajaan Tuts+ beranggotakan lebih dari 1,4 juta pengguna terdaftar. Pengguna 3Docean sendiri kemungkinan lebih kecil dari itu, jadi kompetisi disini jauh lebih sedikit daripada di turbosquid atau 3D Studio.

Situs : 3docean.net

Tarif royalti: Artist menerima 33% penjualan non-eksklusif, 50-70% dengan kontrak eksklusivitas.
Perizinan FAQ: Jual di 3Docean

7. 3DExport

Memiliki lebih dari 130.000 anggota, dan 3DExport salah satu situs di industri ini yang disainnya menarik. Mereka didirikan pada tahun 2004, tetapi semuanya telah dimodernisasi dan selalu up to date. Jumlah anggota lisensi non-eksklusif mereka bersaing dengan pemimpin di industri ini yakni situs 3D Studio.
Situs ; 3dexport.com

Tarif royalti: Artist menerima 60% untuk penjualan non-eksklusif, hingga 70% dengan kontrak eksklusivitas.
Perizinan FAQ: Jual di 3Dexport

8. CreativeCrash

CreativeCrash adalah pasar 3D yang muncul dari jaringan yang sekarang sudah mati, Highend3D. Trafik pada situs ini lebih sedikit tetapi biaya lisensi mereka agak lebih tinggi dari beberapa kompetitor lainnya.

Isu potensial lainnya adalah beberapa dekade lalu Highend selalu menjadi tempat mendapatkan model 3D secara gratis. Dengan asumsi trafik CreativeCrash berasal dari Highend3D, mungkin akan sedikit lebih sulit menjual ketika basis pengguna justru bisa mendapatkan secara gratis.

Situs ; www.creativecrash.com

Tarif royalti: Artis recieves 55% pada penjualan non-eksklusif.
Perizinan FAQ: Jual di CreativeCrash

9. Falling Pixel

Falling Pixel adalah vendor yang berkantor di Inggris yang menawarkan lalulintas trafik yang cukup besar. Mereka menjadi terkenal saat tahun lalu mensejajarkan diri dengan turbosquid, yang membolehkan anggota mereka untuk menjual jauh di bawah daripada Guild agreement nya turbosquid. Tarif bagi anggota non-eksklusif mereka samasekali sampah, jadi jika Anda tidak tertarik dengan Squid Guild maka jangan repot-repot beralih ke Falling Pixel. Tapi jika Anda memutuskan untuk menjual melalui Guild, maka hal ini layak dicoba.

Situs ; www.fallingpixel.com/

Tarif royalti: Artist menerima 40% untuk penjualan non-eksklusif, 50-60% dengan kontrak eksklusivitas.
Perizinan FAQ: Jual di Falling Pixel

10. Sculpteo

Sculpteo adalah vendor 3D print lainnya yang berbasis di Perancis. Meskipun mereka belum banyak diberitakan di Amerika Serikat, Sculpteo memiliki model bisnis yang mirip dengan Shapeways, meskipun masih terlihat beberapa kelemahan.

Tawaran pilihan bahan dan warna dari Sculpteo jauh lebih sedikit. Dibandingkan dengan Shapeways untuk model yang sama punya mereka jika dicetak cenderung lebih mahal. Ini yang menyebabkan pasar Sculpteo kurang ramai. Jika Anda ingin menjual model sebagai 3D print, saran saya adalah melihat-lihat kedua situs dan memilih yang Anda sukai.

Situs ; www.sculpteo.com/en/

Tarif royalti: Fleksibel. Sculpteo menetapkan harga berdasarkan volume dan bahan cetak Anda, dan Anda menentukan berapa banyak markup Anda ingin mengisi.
Perizinan FAQ: Jual di Sculpteo

Jadi, Pasar mana yang terbaik ?

Menentukan pilihan pada situs tertentu hanyalah setengah pertempuran. Pada bagian kedua artikel ini, kita mengeksplorasi tentang trafik, persaingan, dan royalti untuk menentukan pasar 3D yang akan memberi Anda kesempatan tertinggi mencapai sukses. (Justin Slick)

>
Categories:
Comments
5 Comments

5 komentar:

Thanks for comment...😂

Perkenalkan kami supplier tiang pju PT. Agung Bersama Indonesia yang menyediakan berbagai macam model tiang dan lampu untuk penerangan.

Post a Comment