Kustomisasi

Cara Temukan Klien Pertama Anda


”Bagaimana saya bisa dilirik klien ketika saya baru memulai perusahaan arsitektur saya ? Saya bahkan tidak memiliki portofolio untuk di tunjukkan kepada klien . Bagaimana cara mendapatkan proyek pertama saya ? “

Saya sudah berbagi artikel tentang berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk memulai perusahaan sendiri dan bagaimana saya serta Annmarie meluncurkan Fivecat Studio dengan sedikit dana dan tanpa klien. Memulai perusahaan sungguh tidak mudah.

Banyak arsitek mengambil kebijakan yang berbeda dengan bekerja di perusahaan yang sudah mapan dan memanfaatkan koneksi diperusahaan tersebut untuk perusahaan baru yang didirikannya kemudian. Klien pertama Anda mungkin berasal dari hubungan yang dibangun selama Anda bekerja sebagai karyawan.

Jalan lain memiliki perusahaan Anda sendiri adalah, bekerja di perusahaan mapan hingga dijadikan mitra dan akhirnya mengambil kendali dan tanggung jawab perusahaan tersebut.

Apa yang terjadi ketika Anda ingin memulai perusahaan sendiri dan tidak ingin memanfaatkan proyek atau koneksi dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini ? Bagaimana Anda bisa membuat perusahaan sendiri itu berjalan?

Bagaimana Anda bisa bertahan ketika tidak ada yang melirik ke perusahaan Anda ?

Rahasia untuk mendapatkan perhatikan adalah dengan membangun platform Anda sendiri. Membangun hubungan , koneksi, dan sumber daya yang akan mendukung Anda dapat menjadi dasar saat membangun perusahaan sendiri dan mendapatkan perhatian calon klien.

Berikut adalah 10 langkah yang dapat Anda gunakan untuk membangun lAndasan yang kokoh dalam mencari klien pertama Anda.

1. Yakin dan Berkomitmen
Langkah pertama ini terdengar sederhana, tetapi sebenarnya tidak mudah.

Pastikan bahwa saat launching perusahaan Anda sendiri, Anda sudah memikirkannya secara matang dan Anda yakin atas apa yang Anda lakukan ini.

Membangun perusahaan dari awal, salah satu hal yang paling sulit untuk dikerjakan. Agar sukses, Anda harus bekerja lebih keras dari yang pernah Anda bayangkan sebelumnya. Memang, ada banyak manfaat saat menjalankan perusahaan milik sendiri, Anda memiliki kontrol penuh, lebih fleksibel dan punya kebebasan, tapi kesemuanya itu akan menjadi tantangan terbesar dalam hidup Anda. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan komitmen selama bertahun-tahun dan butuh konsistensi dalam berjuang menemukan pijakan perusahaan.

2. Buat Rencana
Setelah Anda memiliki komitmen penuh untuk menjalankan perusahaan, maka, tulislah rencana yang akan dipakai sebagai panduan Anda dalam menjalankan perusahaan.

3. Beritahu Orang Lain
Beritahukan ke semua orang bahwa Anda mulai menjalankan perusahaan sendiri, dan saat ini sedang mencari proyek pertama Anda. Beritahukan hal tersebut ke keluarga, ke teman, ke sesama arsitek, ke para alumni dan lainnya. Intinya, beritahukan ke semua orang.

Jika Anda masih terikat pada perusahaan sebagai karyawan, maka, hal ini tergantung pada hubungan dengan atasan Anda dan tergantung isi perjanjian kerja Anda. Saya menyarankan agar Anda memberitahu ke pimpinan Anda. Banyak klien pertama datang sebagai pekerjaan freelance ketika perusahaan tempat Anda bekerja kebanjiran job dan tidak dapat menangananinya.

Jika Anda memang berniat untuk meninggalkan posisi Anda saat ini sebagai karyawan dan ingin memulai sendiri, maka susun rencana yang dapat memperkuat hubungan Anda dengan pimpinan Anda. Beritahukan keputusan Anda yang akan meninggalkan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tempat Anda bekerja punya banyak waktu mencari pengganti Anda.

4 . Membuat Blog
Salah satu cara terbaik untuk membangun citra diri adalah dari sebuah blog. Pilih ceruk tertentu dalam pasar yang Anda tuju . Berikan nama blog yang mencerminkan topik yang ingin Anda tulis di blog Anda. Jadilah konsisten, informatif, menarik dan menghibur dan cara ini bisa cepat menarik klien potensial. Jujurlah dengan tingkat pengalaman Anda dan tulis tentang bagaimana Anda bekerja dalam memulai perusahaan Anda sendiri.

Bagikanlah cerita yang Anda alami dan tunjukkan keahlian spesifik Anda. Kita pasti pernah mendengar, “Orang-orang ingin bekerja dengan orang yang mereka kenal , sukai dan percayai. ” Kekuatan dari sebuah blog sangat menakjubkan untuk menjangkau orang-orang yang ingin Anda pengaruhi dan ingin Anda jalin hubungan.

Anda bisa memiliki blog gratis dalam hitungan menit dengan menggunakan WordPress.com , tapi saya sarankan Anda mengunjungi WordPress.org dan membuat blog yang self-hosted . Ini agar Anda terlihat serius menjalankan usaha Anda.

Layanan hosting seperti Bluehost, biaya bulanannya cukup kecil , tapi memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur pengumpul daftar email. Hal ini bisa dimanfaatkan di masa depan dengan menyebar iklan atau menjual produk langsung dari situs Anda .

5 . Membangun Jaringan
Aset terbesar Anda , sekarang dan yang akan datang, adalah jaringan Anda. Semua orang yang Anda kenal memiliki jaringan mereka sendiri , dimana, tiap jaringan itu juga memiliki jaringan lainnya.

Jaringan terestrial ( misalnya bertemu orang-orang secara pribadi ) memungkinkan Anda cepat membangun hubungan yang kuat yang dapat langgeng selama ke depannya. Terlibatlah dengan kelompok-kelompok bisnis lokal, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan atau di komunitas sekolah anak Anda. Beberapa proyek terbaik kami datang dari orang tua temannya anak-anak kami. Pastikan menceritakan perihal profesi Anda ke semua orang yang Anda temui. Anda akan kaget, dengan banyak koneksi akan bisa mengarah ke proyek-proyek baru.

Jaringan digital, menggunakan media sosial dan menggunakan komentar di blog dengan cepat akan membangun jaringan koneksi. Berbagilah rencana Anda pada halaman Facebook pribadi Anda , di Twitter , Google+ dan Linkedin . Atur sebuah halaman di website yang didedikasikan untuk perusahaan Anda. Bagikanlah artikel di blog yang orisinil pada jadwal yang konsisten. Jaringan digital Anda akan tumbuh dan membuka kesempatan bagi Anda menemukan klien pertama Anda.

6. Sukarelawan
Lakukan perjalanan ke balai kota dan biarkan mereka tahu bahwa Anda adalah seorang arsitek yang peduli tentang masa depan komunitas Anda. Beritahukan ke mereka bahwa Anda menyediakan layanan pro bono (untuk kepentingan umum dan tanpa biaya) dan Anda tertarik untuk memberikan layanan perencanaan atau ikut sebagai panitia review disain.

Kunjungi perpustakaan, sekolah atau organisasi lainnya yang mungkin butuh bantuan Anda. Dengan memberikan jasa arsitektur secara sukarela kadang mendatangkan proyek pertama dan membangun eksistensi Anda di tengah masyarakat.

7 . Membangun Website
Ketika klien potensial Anda memutuskan bahwa mereka ingin melanjutkan ke sebuah proyek, hal pertama yang mereka lakukan adalah mengklik Google. Mereka mencari arsitek lokal dan meninjau situs web sebelum memutuskan menghubungi beberapa perusahaan. Jika Anda tidak memiliki situs web , Anda pada dasarnya, tidak eksis.

Diawal saya dan Annmarie meluncurkan fivecat.com kami mengisinya dengan gambar sketsa, gambar perspektif dan gambar rendering yang semuanya bukan bangunan yang riil kami kerjakan. Situs ini tampak profesional , menggambarkan layanan yang kami tawarkan dan jenis-jenis proyek yang kami cari. Hal ini berlangsung tidak terlalu lama, sebelum kami memiliki foto-foto proyek pertama kami. Kami mengatur ulang seluruh isi situs agar lebih strategis.

Situs web pertama kami ini menggunakan program sederhana, disebut NetObjects Fusion dan host di 1and1.com. Hari ini, fivecat.com dibangun pada platform liveBooks. liveBooks menawarkan pre – built template yang dirancang untuk fotografer profesional menyajikan karya terbaik mereka . Dengan fokus pada gambar yang indah dan panel kontrol yang user-friendly agar mudah memperbarui situs dengan gambar pekerjaan terbaru, liveBooks sangat cocok untuk arsitek.

8. Bikin Daftar
Ketika blog dan website sudah ada, tugas pertama Anda adalah, mulai dengan sebuah daftar email. Menawarkan pengunjung newsletter, ebook atau panduan singkat dalam sebuah pertukaran alamat email dengan mereka. Anda dapat menggunakan daftar email ini untuk menghubungi langsung orang-orang yang tertarik pada layanan Anda. Anda harus berada di posisi atas pikiran masing-masing calon klien, sehingga ketika mereka siap untuk memulai sebuah proyek, Anda adalah yang pertama (dan mungkin hanya) arsitek mereka ingat.

Untuk Fivecat Studio, saya telah menggunakan Constant Contact untuk blog saya, saya menggunakan Aweber. Kedua layanan ini memungkinkan Anda menyortir dan membuat sublists, serta memberikan link “unsubscribe” sederhana bagi pelanggan yang tidak lagi ingin menerima email dari Anda.

9. Ambil Setiap Proyek
Ketika Annmarie dan aku memulai Fivecat Studio, kami tidak pilih-pilih proyek. Kami sangat senang memberikan jasa arsitektur untuk setiap proyek yang ditawarkan kepada kami. Proyek pertama kami adalah restoran, salon kuku bahkan renovasi kecil-kecilan.

Setelah kami membangun portofolio dan nama kami mulai diakui di wilayah tersebut, kami kemudian fokus pada upaya pemasaran proyek perumahan high-end skala kecil dan membangun merek untuk tipe arsitektur tertentu dengan anggaran proyek tertentu.

10. Segera Mulai
Apa langkah paling penting dari itu semua?.

Jawabannya ; segera Mulai !….Hanya itu !.

Tanpa mengambil langkah pertama … Tanpa mengambil beberapa langkah kecil untuk menuju memulai perusahaan Anda dan menemukan klien pertama Anda, saya akan menjamin, 100%, Anda tidak akan menemukan klien pertama Anda.

Jadi, mulailah bekerja. (Mark R. LePage)


>
Categories:
Comments
1 Comments

1 komentar:

Terimakasih atas suport dan masukanya,.
Sangat sangat bermanfaat bagi kami yang sebagai pemula,.

Post a Comment