Kustomisasi

Merencanakan Roof Garden


sumber gambar; internet

Bagi sebagian orang istilah roof garden belum terlalu familiar. Roof garden pada prinsipnya merupakan taman yang ditempatkan pada level tertentu pada suatu bangunan. Fungsi roof garden adalah untuk menciptakan kondisi iklim mikro yang ideal pada bangunan.

Roof garden bukan teknologi baru. Metode ini telah ada sejak Mesopotamia kuno pada abad ke 4 sebelum Masehi. Saat itu, penduduk menanam pohon dan semak pada teras-teras rumah mereka. Peninggalan kuno yang paling terkenal adalah Taman Gantung Babylonia, dimana tanaman tumbuh di atas teras dan balkon istana.


Pembuatan roof garden membutuhkan struktur dan konstruksi yang spesifik.

Berfikir Perencana



Bagaimana tanaman dapat tumbuh diatas beton ?

Media tanam tanaman adalah tanah. Pilihan jenis tanaman perdu atau pepohonan akan mempengaruhi tebal tanah. Untuk tanaman perdu, kedalamannya berkisar 10cm -30 cm sedangkan untuk pohon berkisar 150cm - 200 cm.

Agar tanaman tumbuh dengan baik diperlukan pemupukan dan penyiraman air. Untuk penyiraman, perlu disediakan instalasi air bersih serta tempat penyimpanan peralatan perawatan.

Air yang berasal dari penyiraman atau air hujan harus mengalir dengan lancar ke saluran pembuangan. Air yang tergenang dapat menyebabkan pembusukan akar dan kerusakan pada beton. Maka perlu lapisan lain setelah lapisan tanah, seperti agregat kasar (kerikil), ijuk dan batu apung serta kemiringan dak beton yang berkisar 2-5%.

Dan untuk mengantisipasi sisa-sisa air tidak merusak beton, maka permukaan beton perlu diberi lapisan kedap air waterproofing.

Bagi anda yang ingin mengetahui teknologi bahan apasaja yang digunakan sebagai Metode Layer Roof Garden, ketik saja keyword layers to a green roof di google. Anda akan menemukan beragam metode layer roof garden.

Berapa beban yg dipikul struktur ?

Jenis layer roof garden dan ketebalannya serta jenis tanaman akan memberikan berat yang membebani konstruksi dak beton. Konsultasikan hal ini kepada ahli struktur untuk menghasilkan perencanaan konstruksi yang aman.



Referensi teknis perencanaan roof garden lainnya ;


# Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan


# Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor : 05/PRT/M/2008 Tentang Pedoman Penyediaan Dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau Di Kawasan Perkotaan  

>
Categories:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment