Kustomisasi

Rahasia Sukses Firma Arsitektur : Bisnis dan Filosofi Desain



Ini merupakan wawancara antara Enoch dari business of architecture dengan pendiri Modative Firm, firma arsitektur yang berlokasi di Los Angeles.

Balik kebelakang, firma Modative yang didirikan oleh Derek, Michael dan Christian, memiliki prinsip-prinsip perusahaan arsitektur yang sukses. Modative didirikan pada tahun 2006 dan semakin berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Enoch membahas tujuan dan prinsip-prinsip di balik kesuksesan perusahaan firma Modative bersama dengan Derek dan Christian.

Transkrip Interview

Enoch: Hari ini bagian kedua wawancara saya dengan para petinggi perusahaan di Modative - sebuah perusahaan arsitektur modern di Los Angeles. Mereka mendirikan perusahaan ini pada tahun 2006. Dan akhir tahun lalu saya sudah ingin mengunjungi kantor mereka, tapi, baru kali ini kesampaian.

Dalam wawancara ini, saya mendapatkan kisah bagaimana mereka membangun kesuksesan, praktek arsitektur modern yang terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Berikut petikan wawancara saya dengan mereka.

Enoch:
Saat ini, berapa banyak calon klien yang berasal dari situs website Anda ?.

Derek: Banyak. Bisa dikatakan semakin membesar. Maksud saya, kami mendapat kesimpulan ini dari beberapa proyek sedang dibangun, orang mengenal kami lewat website atau mereka baru saja mendengar tentang kami. Kelipatan kunjungan per minggu,adalah calon klien potensial dari website.

Enoch: Mengagumkan.

Derek: Yeah.

Enoch: Oke, satu pertanyaan untuk masing-masing kalian. Saya hanya ingin tahu tentang proyek favorit kalian sejak bersama-sama?.

Christian: Bisa saya katakan sejauh ini, kerja favorit saya bukan proyek arsitektur. Belakangan ini kami berupaya menjangkau masyarakat. Saat mulai menjalankan firma ini, saya tidak pernah berpikir menjadi seorang pelobi.

Dengan proyek perumahan skala kecil dengan unit terbatas, kami lebih proaktif, termasuk pendekatan yang dilakukan oleh para staf. Mendatangi dewan lingkungan, dewan masyarakat, bahkan beberapa staf pergi ke kota-kota lain untuk bicara tentang manfaat perumahan skala kecil ini. Kegiatan yang kami lakukan sudah menjadi proyek itu sendiri - mengaturnya, mencoba mencari tahu bagaimana mengubah perspektif masyarakat pada hal-hal tertentu dan membuat mereka berpikir tentang rumah yang inovatif. Bagi saya, kegiatan yang kami lakukan memberi dampak besar ketimbang dampak dari proyek 1 unit bangunan.

Derek: Saya juga sulit memilih satu proyek favorit yang tepat. Saya tidak merasa sangat ..... Ini aneh, saya tidak merasa sentimental terhadap satu proyek ketika sudah selesai. Saya lebih merasa kami sedang melakukan pekerjaan kami dan kemudian menyerahkannya sebagai rumah masa depan bagi penghuni yang tinggal di dalamnya. Dalam kasus kami, kami tidak kenal orang-orang itu. Sebagian besar mereka datang dan membelinya setelah rumah terbangun.

Jadi, bagi saya, saya selalu mengatakan bahwa proyek yang paling menarik adalah proyek berikutnya yang masuk ke kantor. Saya pikir, saya paling bersemangat ketika kami mulai mendapatkan sesuatu. Inilah yang menjelaskan bagaimana kami berkembang selama beberapa tahun terakhir.

Saya suka dengan ide memberi kewenangan lebih ke para staf dalam pengelolaan proyek, dengan  terjun langsung ke dalamnya. Kami hanya datang untuk me review desain, dan hadir saat pertemuan penting saja, dan yang paling menggairahkan adalah: ketika proyek berjalan, meskipun kami tetap mengendalikan mereka, ternyata semakin sedikit campur tangan kami justru mendorong staf-staf muda lebih berpartisipasi aktif selama proyek berlangsung.

Saya suka melihat kegembiraan yang mereka dapatkan karena diberi kesempatan mengelola proyek di usia muda, karena saya merasa, saya juga dulu pernah diberi kesempatan yang sama. Menyaksikan ini benar-benar bagus. Saya selalu bersemangat ketika melihat salah satu proyek yang mereka kelola itu dibangun, melihat reaksi mereka dan merasakan bahwa mereka sedang memperoleh sesuatu yang bisa memenuhi kehidupan mereka.

Enoch: Itu bagus. Kalian benar-benar meninggalkan warisan, dan itu mengagumkan.

Karena kalian di sini, saya mau kalian bercerita tentang filosofi desain, karena kita disini tidak hanya berbicara tentang bisnis arsitektur saja. Kalian memiliki filosofi desain yang sangat khas. Siapa yang ingin berbicara tentang itu?.

Derek, Mic nya ada pada anda. Silakan.

Derek: Saya kehilangan suara saya dalam beberapa hari terakhir, jadi saya mencoba untuk hemat bicara. Walaupun, kondisi saya ini lebih baik daripada kemarin.

Itu pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab.

Enoch: Apa yang mendorong desain Anda? Saya menduga ada sedikit sentuhan Michael.

Derek: Saya cenderung pada apa yang orang lain selalu tanyakan : Apakah kami tidak bosan dengan proyek perumahan skala kecil ini karena kami terlihat sangat fokus mengerjakannya ? Bagi saya jawabannya, jelas tidak . Karena saya pikir, filosofi desain datang dari apa yang kami lakukan , dan apa yang mungkin menjadi keinginan generasi LA berikutnya ? Ini bagus, kami mengembangkan gagasan dan membangun tempat tinggal yang relatif tidak memerlukan ongkos besar. Anda bisa bersepeda untuk pergi bekerja , atau berjalan untuk bekerja, atau berjalan ke sebuah restoran, berjalan ke bar.

Saya rasa, dorongan ini lebih ke tingkat yang benar-benar pribadi. Ini, semacam , bagaimana kami menghasilkan produk arsitektur yang dari sisi konstruksi dapat memperbaiki kota. Jadi, bukan tentang gaya arsitektur saja, tapi, lebih ke banyak hal. Semacam suatu tujuan.

Saya rasa, bagi kami, yang membuatnya menarik adalah meskipun sebagian besar orang tinggal di kota LA, tanpa disadari wilayah disekitarnya juga ikut tumbuh - saya tinggal di sisi barat - setiap lingkungan di Los Angeles begitu unik.

Beberapa hari lalu, saya dan Christian pergi ke lokasi pekerjaan baru. Ketika melintasi jalan utama yang ada restorannya, tiba-tiba saya merasa seperti "Selama ini saya tidak tinggal dan hidup di LA." Jadi, saya pikir wilayah sekitar LA banyak mendorong kami, seperti melihat lingkungan baru dan bagaimana kita bisa menyesuaikan estetika modern kedalam lingkungan baru itu. Kemudian, juga, setiap klien selalu membawa tantangan yang menarik. Apa yang menjadi tujuan mereka ? Apa hal menarik yang ada dalam fikiran mereka ?.

Jadi, saya pikir dua hal - konteks lokasi, dan kemudian klien serta kepribadian mereka. Kedua hal ini bersama-sama dengan keinginan seorang arsitek akan membuat kota menjadi tempat yang lebih baik.

Enoch: Mengagumkan. Anda tahu, ini hal besar ketika kita nanti me rewind kembali percakapan ini sepuluh tahun dari sekarang dan melihat pencapaian kalian. Jadi, katakan pada saya, di mana kalian akan berada sepuluh tahun dari sekarang, dimana tempat yang kalian inginkan ?.

Derek: Mudah-mudahan saya akan berada di pantai Cabo.

Enoch: I like that. [Inaudible]

Derek: Dan hanya menerima telpon sekali seminggu.

Enoch: Setiap Jumat ?

Derek : Semacam itulah. Saya tidak tahu. Saya lebih berpikir ...sebelumnya, kami pernah berbincang tentang mencari solusi ke pendanaan model turnkey, bagaimana agar proyek-proyek seperti ini bisa dibangun lewat dana klien yang datang ke kami atau kami mencoba naik level dengan mendanai sendiri pembangunannya.

Tapi, seperti selalu saya katakan, bahwa di kantor ini tidak ada ego pribadi. Yang ada ego kolektif, ego-nya Modative Firm, saya tidak berpikir, hanya ada ego Christian, Derek atau ego Michael di kantor ini. Kami tidak peduli darimana ide-ide itu berasal selama seluruh kelompok mendapatkan apa yang paling penting yang akan menjadi tujuan.

Jadi, sebagai perusahaan yang ingin terus tumbuh, tidak terlalu penting siapa yang berperan sebagai perancang atau siapa yang bikin aturan, saya pikir, inilah kunci keberhasilan dan prestasi seluruh tim.

Christian: Saya ingin menambahkan, satu-satunya kesenangan kami yang terbesar adalah keinginan untuk menciptakan lingkungan perumahan yang menarik di seluruh Los Angeles. Pada akhirnya, hal yang paling sulit kembali ke pengembang itu sendiri. Jika mereka bisa maju maka para staf pun akan bergerak maju.

Bisa saya katakan, sebagian besar, 99% staf kami bukan pegawai tetap. Mereka justru tidak pernah memiliki kesempatan untuk hidup didalam bangunan hasil rancangan mereka. Dan saya pikir, inilah yang umum terjadi di dunia desain, dalam bidang arsitektur. Anda jarang bisa hidup dalam produk arsitektur yang Anda rancang untuk orang lain.

Kami punya tujuan pribadi untuk mencari cara dan menemukan ide dari apa yang dirasakan dan dialami oleh para staf kami dalam sebuah proyek yang mereka rancang atau mereka bangun. Jadi, dalam sepuluh tahun, ketika saya melihat ke belakang, saya ingin melihat merekalah yang tinggal di salah satu rumah itu. (Enoch Sears AIA)

>
Categories:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment